PENGEMBANGAN KOMPETENSI PRODUKTIF KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N I GUGUAK KABUPATEN 50 KOTA
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.723Keywords:
kompetensi produktif, metode delphiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi produktif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jenis penelitian ini Research and Development, pengumpulan data menggunakan metode Delphi. Jumlah responden Responden 45 orang yang terdiri dari: 24 teknisi bengkel otomotif 11 guru SMK dan yang rekayasa kendaraan ringan, dan 10 orang dosen. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan 58,8% kompetensi sangat penting dipelajari oleh siswa karena relevan dengan kebutuhan bisnis atau industri, 38,2% kompetensi penting dan relevan dengan kebutuhan bisnis atau industri, dan hanya 2,94% kompetensi kurang relevan dengan kebutuhan tempat kerja. Meskipun kompetensi nya sudah banyak yang relevan, masih perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru di bidang otomotif seperti: elektronik otomotif dan sistem manajemen
Downloads
References
[2] D. Asari and P. Imam, Mode-model Pembelajaran pada Kelompok Mata Diklat Produktif DI SMK. Universitas Pendidikan Indonesia dan Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi Bandung, 2006.
[3] N. Jalinus and R. A. Nabawi, “Implementation of the PjBL Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 3, pp. 304–311, 2017.
[4] Steven R. Aragon, Hui-Jeong Woo, Matthew R. Marvel, –Journal of Career and Technical Education, 21(2), Spring, 2005 – Page 35. 2005
[5] Judisseno, Rimsky.K, Jadilah Pribadi yang Kompeten di Tempat Kerja, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2008.
[6] Carrie DuPre, Kate Williams. Undergraduates’ Perceptions of Employer Expectations, Journal of Career and Technical Education, Vol. 26, No. 1, Clemson UniversitySpring, 2011.
[7] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2010.
[8] Tim Puslitjaknov. Metode Penelitian Pengembangan, Pusat Penelitian Kebijakan dan inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
[9] Ary Donald, Jacobs Lucy Cheser, dan Razavieh Asghar. Introduction to Reseach in Education, Third Edition, Holt, Rinehart and Winston, Nothern Illionois University, 1982.