ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 1 LAHAT
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.2023Keywords:
Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Problem solving; Motivasi; fisika.Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai rendah pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika pada siswa SMK N 1 Lahat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2×2, yakni dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi penelitian (independent variable) terhadap hasil (dependent variable). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 587 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 untuk kelas eksperimen dan X TKR 1 untuk kelas kontrol dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan sama. Kelas X TSM 1 diberikan metode pembelajaran problem solving sedangkan kelas X TKR 1 diberikan metode pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik anova dua jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: a) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, b). Rata-rata hasil belajar mata pelajaran fisika memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah, c) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di dalam mata pelajaran fisika.
Downloads
References
[2] R. Lapisa, I. Y. Basri, A. Arif, and H. D. Saputra,“PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN AUTO CAD,” vol. 17, no. 2, 2017.
[3] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S.Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,” Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no. January, pp. 440–444, 2018.
[4] S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T.P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” in the 2nd INCOTEPD, 2017, vol. 2017, no. October, pp. 21–22.
[5] M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D.Pernanda, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[6] N. Jalinus, Syahril, and R. A. Nabawi, “Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning (CPjBL ) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students,” no. 1, pp. 83–86, 2018.
[7] M. A. Zaus, “Suatu Kajian Literatur Masalah-Masalah yang Dihadapi dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer,” vol. 18, no. 1, pp. 1–8, 2018.
[8] S. Islami and S. Yondri, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN KONVENSIONAL,” in National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang, 2016.
[9] Mundilarto. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains, 2010.
[10] Faizi, Mastur. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press, 2013.
[11] Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[12] Erman Suherman, dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI, 2003.
[13] Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2010.
[14] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
[15] Syaifuddin Azwar. Realibilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
[16] Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
[17] Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.
[18] Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.