KONTRIBUSI BAKAT MEKANIK DAN PERSEPSI TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

Authors

  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.423

Keywords:

Kontribusi, Bakat Mekanik, kinerja guru, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) kontribusi bakat mekanik terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto, (2) kontribusi kinerja guru dilihat dari persepsi siswa terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto, (3) kontribusi bakat  mekanik siswa dan kinerja guru dilihat dari persepsi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 74 orang dengan Populasi seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto tahun ajaran 2011/2012. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kerpercayaan 95%. Ditemukan bahwa bakat mekanik, kinerja guru, dan bakat mekanik bersama-sama kinerja guru, berkontribusi berturut-turut sebesar17,90%, 22,60% dan 27,10%  terhadap prestasi belajar siswa Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Jalinus, N., Waskito, W., & Sudirman, S. (2018). KONTRIBUSI BAKAT MEKANIK DAN PERSEPSI TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.423