EVALUASI DAN DISAIN HIPOTETIK PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG

Authors

  • Agamuddin Agamuddin Universitas Negeri Padang
  • Fahmi Rizal Universitas Negeri Padang
  • Fera Susanti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.623

Keywords:

evaluasi, prakerin

Abstract

Observasi awal mengindikasikan kompetensi kejuruan yang dipelajari di sekolah kurang sesuai dengan yang didapatkan di tempat prakerin. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi bagaimana tingkat pencapaian konteks, masukan, proses dan hasil untuk merumuskan dasar disain hipotetik program prakerin siswa SMK Negeri 2 Padang Panjang. Penelitian deskriptif evaluatif dengan kombinasi kuantitatif dan kualitatif ini menggunakan model CIPP. Instrumen yang dipakai memiliki validitas sebesar 0,361 pada taraf signifikansi 0,05 dan reliabilitas= 0,926. Penelitian menyimpulkan bahwa konteks dalam prakerin  ditinjau dari tujuan program dan lingkungan tempat prakerin dinilai cukup baik. Jenis pekerjaan siswa pada saat prakerin dengan kompetensi keahlian siswa di sekolah kurang relevan terutama pada keahlian Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Hasil evaluasi ini  dijadikan dasar bagi disain hipotetik  pelaksanaan standar prakerin bagi program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak untuk masa datang

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Depdiknas. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah Kejuruan: Jakarta. 1990.
[2] Sidi, I. Djati. Menuju Masyarakat Belajar Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Paramadina. Jakarta, 2001
[3] Depdiknas. Pelaksanaan Prakerin. Jakarta. 2008.
[4] Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 1997
[5] Lismaizarni. Evaluasi program praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Padang Panjang. 2011.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Agamuddin, A., Rizal, F., & Susanti, F. (2018). EVALUASI DAN DISAIN HIPOTETIK PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.623