MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIRIAN AKADEMI KOMUNITAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1423Keywords:
Akademi Komunitas; Pendidikan Vokasional; Project Based Learning; Potensi DaerahAbstract
Akademi komunitas merupakan bentuk Pendidikan vokasional baru yang ada di Indonesia. Basis pendirian dari Akademi komunitas ini adalah keunggulan lokal atau memenuhi kebutuhan khusus, hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada didaerah. Untuk mewujudkan tujuan dari pendirian Akademi Komunitas ini, maka perlunya suatu inovasi pada kegiatan pembelajaran yaitu dengan memilih model pembelajaran yang dapat mewujudkan tujuan dari pendirian Akademi Komunitas tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran Praktek Las di Akademi Komunitas dengan penerapan model project based learning dalam mewujudkan tujuan pendiriannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penerapan model project based learning pada mata kuliah praktek las yang telah dilakukan mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi, tantangan atau masalah yang ada didaerah sekitaran Akademi Komunitas. Hasil indetifikasi dan diskusi tentang potensi daerah yang dilakukan oleh mahasiswa adalah pada bidang pertanian dan masalahnya alat pertanian yang dimiliki oleh petani masih konvesional. Berdasarkan hal ini mahasiswa membuat tugas proyek berupa alat pertanian sederhana. Produk hasil tugas proyek mahasiswa ini berpotensi untuk mengembangkan potensi daerah dan memecahkan masalah yang berkembang dimasyarakat.
Downloads
References
[2] Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Panduan Kurikulum Akademi Komunitas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.
[3] Milentijevic, I., Ciric, V. & Vojinovic, O. Version control in project-based learning. Computers and Education-1331-1338. 2008.
[4] Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Askara. 2012.
[5] Jalinus, N., Arwizet, K, Nabawi, R. A. and Ambiyar. Improve Learning Outcomes of Students Through Implementation of The Collaborative Project-Based Learning Model in Thermodynamics. Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation. Vol. 1. No. 1. 2017.
[6] N. Jalinus and R. A. Nabawi, “Implementation of the PjBL Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 3, pp. 304–311, 2017.
[7] Nabawi, R. A. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kompetensi Keahlian Praktek Las Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar. Master Thesis. Padang: Universitas Negeri Padang. 2017.
[8] Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
[9] Markham, Thom. Project Based learning: Design and Coaching Guide. Canada: Wilsted & Taylor Publishing Services. 2012.
[10] Patton, Alec. Work that Matters: The teacher’s guide to Project Based Learning. England: Paul Hamlyn Foundation. 2012.
[11] Rais, Muh. Project Based Learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalah Disajikan dalam Seminar Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 11 Desember 2010.
[12] Jalinus, N., Nabawi, R. A. and Mardin, A. The Seven Steps of Project Based Learning Model To Enhance Productive Competences of Vocational Students. 1st International Conference on Technology and Vocational Teacher (ICTVT 2017). Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities research, Volume 102. 2017: 251-256.