EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN MENGGUNAKAN LOGIC MODEl DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.1623Keywords:
Metode Evaluasi Kombinasi; Logic Model; Kurikulum 2013.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan (implementasi) Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo dengan menggunakan Evaluasi Logic Model yang mencakup 4 aspek yaitu; evaluasi input, evaluasi aktivitas, evaluasi output dan evaluasi outcomes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan gabungan/mixed dengan metode sequential explanatory (urutan pembuktian), penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelitian kuantitatif terlebih dahulu, kemudian melanjutkan penelitian dengan metode kualitatif untuk menemukan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Tabel Nomogram Henry King, sehingga jumlah guru yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 78 orang. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo masih tergolong cukup dengan rata-rata skor adalah 3,84 dan TCR adalah 75,52%. Hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada aspek input adalah baik dengan rata-rata skor adalah 3,96 dan TCR adalah 80,28%, pada aspek aktivitas adalah cukup dengan rata-rata skor adalah 3,70 dan TCR adalah 74,06%, pada aspek output implementasi Kurikulum 2013 adalah cukup dengan rata-rata TCR adalah 3.96 dan rata-rata indikator adalah 73,62%, selanjutnya pada aspek outcomes adalah cukup dengan rata-rata skor adalah 3,73 dan TCR adalah 74,13 %. Implikasi penelitian ini adalah adanya perlunya peningkatan dan perbaikan pada aspek aktivitas, input, dan outcomes, meski komponen evaluasi aktivitas telah menunjukkan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang baik. Penulis merekomendasikan kepada kepala sekolah dan pengawas agar secara berkesinambungan mengawasi dan mendampingi pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 oleh guru, guru juga harus mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan serta menciptakan hubungan yang harmonis dan saling mendukung demi terlaksananya Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Lintau Buo
Downloads
References
[2] M. A. Zaus, “Suatu Kajian Literatur Masalah-Masalah yang Dihadapi dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer,” vol. 18, no. 1, pp. 1–8, 2018.
[3] S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” in the 2nd INCOTEPD, 2017, vol. 2017, no. October, pp. 21–22.
[4] R. E. Wulansari, D. Puyada, I. Wijaya, and K. Rukun, “EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL MEDIA BASED GAME ON MATHEMATICS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL,” Int. J. Res. Sci. Manag., vol. 4, no. 12, pp. 125–128, 2017.
[5] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,” Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no. January, pp. 440–444, 2018.
[6] M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D. Pernanda, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[7] N. Jalinus, Syahril, and R. A. Nabawi,“Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning ( CPjBL ) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students,” no. 1, pp. 83–86, 2018.
[8] Permendikbud no. 60 tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
[9] Permendikbud no. 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
[10] Kellogg. W.K. 2004. Foundation Logic Model Development Guide. W.K. Michigan: Kellogg Foundation.
[11] Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2014.
[12] Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. educational Research; Competencies for Analyisis and Applications (9 th ed.). Upper Saddler River, NJ: Merrill. 2009.
[13] Vincent D, Yuskiewicz. Educational Needs Assessment: A Systematic Method for Determining Educational Need for Compensatory Programs.ERIC: https://eric.ed.gov/?id=ED120304. 1975.
[14] Oemar Hamalik. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algensido. 2002.
[15] Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.