PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKTIVITAS INTELEKTUAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PGRI MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1323Keywords:
Edmodo; Pretest; Posttest; Hasil BelajarAbstract
Edmodo merupakan media pembelajaran yang berbasis internet, yang diwajibkan untuk Mahasisw di dalam kelas maupun diluar kelas untuk mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun khususnya untuk Mahasiswa semester 3 (tiga), 2) memperbaiki aktivitas intelektual dalam bidang IT mahasiswa yang belum digunakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk kuasi eksperimen. Pre test dilakukan diawal penelitian dan Post test dilakukan diakhir penelitian baik terhadap kelas eksperimen maupun kontrol. Berdasarkan tabel diatas skor N-Gain kelas kontrol yang belum menggunakan media pembelajaran kategori rendah , sedangkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan media pembelajaran Edmodo termasuk dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran Edmodo dapat memotivasi aktifitas intelektual sehingga mahasiswa tertarik dan ingin terus belajar dengan dibuktikan hasil belajar meningkat. Kesimpulan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam guru menggunakan media pembelajaran dan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.
Downloads
References
[2] D. P. Mahesi Agni Zaus, Rizky Ema Wulansari, Syaiful Islami, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[3] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational hig,” Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no. February, 2018.
[4] S. Arikunto, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta., 2002.
[5] N. Jalinus, R. A. Nabawi, and A. Mardin, “The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students,” vol. 102, no. Ictvt, pp. 251–256, 2017.
[6] O. Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.