PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PJBL PADA MATA DIKLAT TEKNIK DIGITAL

Authors

  • Yondriadi Yondriadi
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.2323

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Teknik Digital, Validitas, Praktikalitas, Efektivitas.

Abstract

Berdasarkan observasi, yang menjadi permasalahan yaitu: Kecendrungan proses pembelajaran selama ini guru mata diklat teknik digital menggunakan metode ceramah sedangkan mata pelajaran ini merupakan salah satu mata pelajaran produktif, karena itu guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang cocok dan perangkat pembelajaran yang digunakan. Pelaksanaan pembelajaran, guru belum mempunyai inisiatif untuk mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran sesuai dengan konten atau materi pembelajaran sehingga siswa hanya diberikan pelajaran sebatas bahan yang ada dibuku teks, kondisi ini membuat siswa menjadi jenuh dan pembelajaran bersifat monoton, hal ini berakibat pada kegiatan pembelajaran menjadi kurang menarik, tidak optimal bagi siswa dan kurang efektifnya pembelajaran, serta bagaimana menghubungkan antara apa yang dipelajari dengan kehidupan nyata dan bagaimana memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh untuk menunjang kehidupannya. Tujuan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis proyek yang valid, praktis dan efektif agar layak digunakan di lapangan dan mengetahui bentuk perangkat pembelajaran berbasis model PjBL. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Merapi Timur. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh dosen ahli dan siswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis model PjBL. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis proyek ini valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai perangkat pembelajaran berbasis proyek pada mata diklat Teknik Digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Slameto. Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
[2] Departemen Pendidikan dan kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru,Jakarta:Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Menjamin Mutu Pendidikan.
[3] Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.
[4] Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni. 2012, Psikologi pendidikan.Semarang Unnes Press.
[5] Oemar Hamalik. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[6] Rusman, Kurniawan, Riyana. 2012.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi. Jakarta: RajawaliPers.
[7] Pendit, Putu Laksman dkk. 2006.Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia.Jakarta: CV Sagung Seto.
[8] Jalinus, N., Nabawi, R. A. and Mardin, A. The Seven Steps of Project Based Learning Model To Enhance Productive Competences of Vocational Students. 1stInternational Conference on Technology and VocationalTeacher (ICTVT 2017). Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities research, Volume 102. 2017: 251256.
[9] Jalinus, N., Arwizet, K, Nabawi, R. A. and Ambiyar. Improve Learning Outcomes of Students Through Implementation of The Collaborative Project-Based Learning Model in Thermodynamics. Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation. Vol. 1. No. 1. 2017.
[10] N. Jalinus and R. A. Nabawi, “Implementation of the PjBL Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student,”J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 3, pp. 304–311, 2017.
[11] Sugiyono. Metode Penelitian Tindakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. 2011.
[12] Mulyasa. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
[13] Ginanjar, A. 2010. Pengembangan MediaPembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Published

2018-08-30

How to Cite

Yondriadi, Y., Jalinus, N., & Syah, N. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PJBL PADA MATA DIKLAT TEKNIK DIGITAL. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 133–142. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.2323