PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI ADOBE FLASH BAHASA JAVA PADA MATA PELAJARAN OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP)

Authors

  • Muhammad Ikram Jasman
  • Kasman Rukun Universitas Negeri Padang
  • Sukardi Sukardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.1923

Keywords:

Modul Pembelajaran Interaktif; PBO; OOP; Research and Development.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif yang bias membantu siswa dalam belajar mandiri serta valid, praktis, dan efektif. Sehingga diharapkan dengan adanya modul ini siswa dapat belajar mandiri dimana dan kapan saja. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Tahap penelitian meliputi define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Modul pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan nilai kevalidan 0,89 berdasarkan validasi dari tiga orang validator media dan dari segi kevalidan materi dinyatakan valid dengan nilai 0,88 dari dua orang guru yang mengajar OOP.  Modul pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan siswa. Hal ini menunjukan bahwa, modul pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat direkomendasikan bahwa modul pembelajaran interaktif merupakan salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat di gunakan pada pembelajaran pada mata pelajaran Object Oriented Programming (OOP).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Yulastri, H. Hidayat, Ganefri, S. Islami, and F. Edya, ―Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education,‖ Int. J. Environ. Sci. Educ., vol. 12, no. 5, pp. 1097–1109, 2017.
[2] R. E. Wulansari, D. Puyada, I. Wijaya, and K. Rukun, ―EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL MEDIA BASED GAME ON MATHEMATICS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL,‖ Int. J. Res. Sci. Manag., vol. 4, no. 12, pp. 125–128, 2017.
[3] M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D.Pernanda, ―PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS DAN DINAMIS BERBASIS ANDROID,‖ INTECOMSJ. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–7,Mar. 2018.
[4] S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T. P. Yanto, ―The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,‖ in the 2nd INCOTEPD, 2017, vol. 2017, no. October, pp. 21–22.
[5] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, ―Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational hig,‖ Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no. February, 2018.
[6] M. A. Zaus, ―Suatu Kajian Literatur Masalah-Masalah yang Dihadapi dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer,‖ vol. 18, no. 1, pp. 1–8, 2018.
[7] N. Jalinus, Syahril, and R. A. Nabawi, ―Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning (CPjBL ) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students,‖ no. 1, pp. 83–86, 2018.
[8] R. Lapisa, I. Y. Basri, A. Arif, and H. D. Saputra,―PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN AUTO CAD,‖ vol. 17,no. 2, 2017.
[9] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S.Islami, ―Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,‖ Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no.January, pp. 440–444, 2018.
[10] M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D. Pernanda, ―Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,‖ vol.1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[11] Mariyana, Herpratiwi, and I. W. Mustika,―Pengembangan Modul Pembelajaran Tari Piring Dua Belas di SMA Bandar Lampung,‖ FKIP Unila, no. 1, 2010.
[12] D. Pendidikan, ―2008,‖ 2008.
[13] S. S. Pd, S. D. Negeri, and K. Banda, ―Sulastri *,‖vol. 22, no. September, pp. 200–210, 2015.
[14] W. Harlen, C. Gipps, P. Broadfoot, and D. Nuttall,―Assessment and the improvement of education,‖Curric. J., vol. 3, no. 3, pp. 215–230, 1992.
[15] Hashimah Mohd. Yunus, Zurida Ismail, and George Raper, ―Malaysian Primary Teachers ’ Classroom Practice of Teaching and Learning Science,‖ J. Sci. Math. Educ. S.E. Asia, vol. 27, no. 1, pp. 166–203, 2004.
[16] P. E. Susanty and E. Kusumasturi, ―Model Pembelajaran Interaktif Kelompok pada Mata Pelajaran Seni,‖ JOGED J. Seni Tari, vol. 3, no. 1,pp. 36–48, 2012.
[17] S. Siagian, ―DEVELOPMENT OF BASIC ELECTRONIC INSTRUCTIONAL MODULE AND TRAINER Sahat Siagian Panahatan, Jongga Manullang, State University of Medan,‖ Eur. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 36–46, 2014.
[18] J. W. J. Robinson and W. B. Crittenden, ―Learning Modules: A Concept for Extension Educators?,‖ Journal of Extension (Winter). pp. 35–44, 1972.
[19] A. Account, P. Supported, and D. Committee, Development in Education Projects 1994-2000 Development in Education Projects 1994-2000. 2000.
[20] T. Litay, W.Mataheru, and H.Tamalene, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI KESEBANGUNAN SEGITIGA DI KELAS IX SMP KRISTEN YPKPM AMBON. 2016.

Published

2018-08-30

How to Cite

Jasman, M. I., Rukun, K., & Sukardi, S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF APLIKASI ADOBE FLASH BAHASA JAVA PADA MATA PELAJARAN OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP). Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 101–110. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.1923