PENGEMBANGAN MODUL E-BOOK PADA MATA KULIAH PERAWATAN KULIT WAJAH UNIVERSITAS NEGERI PADANG

  • Asrah Rezki Fauzani
  • Sri Zulfia Novrita Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang
  • Siska Miga Dewi Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang

Abstract

Proses belajar pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajah belum maksimal, hal ini disebabkan belum tersedianya media pembelajaran seperti modul pembelajaran atau e-book yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana sumber belajar. Selain itu kurangnya pengembangan bahan ajar yang inovatif sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan sumber pembelajaran yaitu Modul E-Book yang valid, praktis, dan efektif pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.  Model ADDIE mencakup lima fase utama, yakni: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Pelaksanaan penelitian pengembangan modul e-book dimulai dari tahap analisis yakni observasi kelas, dan studi pustaka, tahap perancangan terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan bahan ajarperangkat pembelajaran seperti modul e-book, tahap pengembangan menghasilkan dan memvalidasi modul ebook perawatan kulit wajah yang dilakukan oleh ahli validator, tahap implementasi berkaitan dengan praktikalitas dosen dan mahasiswa dalam penggunaan modul e-book, tahap evaluasi berkaitan dengan keefektifan modul yang diperoleh berdasarkan nilai pretest dan posttest yang terdapat peningkatan pada hasil belajar mahasiswa. Modul e-book pada mata kuliah perawatan kulit wajah layak digunakan dan dinyatakan valid untuk mata kuliah perawatan kulit wajah yang sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. 

References

[1] N. Jalinus, Syahril, and R. A. Nabawi, “Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning ( CPjBL ) in Enhancing HOTS ofVocational Education Students,” no. 1, pp. 83–86,2018.
[2] A. Rayandra, Kreatif Mengembangkan MediaPembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta, 2012.
[3] R. Y. Pradani and L. N., “Pengembangan Modul Sub Kompetensi Perawatan Tangan Dan Rias Kuku Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMK,” J. Pendidik. Vokasi Teori. dan Prakt., vol. 2, no. 1, 2014.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta, 2009.
[5] A. Syaifuddin, Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
[6] Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk GuruKaryawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta, 2010.
[7] R. R. Hake, Analyzing Change/Gain Scores. Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA: Dept. of Physics, Indiana University 24245, 1999.
[8] A. Yulastri, H. Hidayat, Ganefri, S. Islami, and F. Edya, “Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education,” Int. J. Environ. Sci. Educ., vol. 12, no. 5, pp. 1097–1109, 2017.
Published
2018-11-30
How to Cite
Fauzani, A., Novrita, S., & Dewi, S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL E-BOOK PADA MATA KULIAH PERAWATAN KULIT WAJAH UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(4), 173-180. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2923
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.