KORELASI KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1223Keywords:
Kemampuan menyusun paragraph; motivasi berprestasi; kemampuan menulis laporan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan korelasi kemampuan menyusun paragraph dan motivasi berprestasi siswa dengan keterampilan menulis laporan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik otomotif SMK Negeri 1 Lahat dengan jumlah siswa 125 siswa. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan kelonggaran penelitian yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian 5 % sehingga jumlah sampel yang dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes dan questionare. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik berupa korelasi dan regresi yang akan digunakan untuk pengujian hipotesis-hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan hubungan positif kemampuan menyusun paragraf terhadap kemampuan menulis laporan siswa. Semakin baik kemampuan menyusun paragraph seorang siswa maka akan semakin baik pula kemampuan menyusun laporannya, dan begitu sebaliknya. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa terdapat hubungan posotif yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi dengan kemampuan menyusun laporan siswa. Hal ini mejelaskan semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang maka laporan yang dibuatnya akan memiliki kualitas yang baik pula dan begitu sebaliknya. Semakin kurang motivasi berprestasi siswa maka akan semakin rendah pula kualitas laporan yang dihasilkan.
Downloads
References
[2] Suparno dan Yunus, Muhammad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.
[3] Nurbina, dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas. Terbuka. 2007.
[4] Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keerampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. 2008.
[5] Kundharu dan Slamet. Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung. Karya Putra Darwati. 2012.
[6] Hasnun, Anwar. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi Offset. 2006.
[7] Widyamartaya. Kiat Menulis Deskripsi dan Narasi. Yogyakarta. Pustaka. 2005.
[8] Etty Indriati. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Budi Jaya. 2002.
[9] Akhadiah, Sabarti dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 2001.
[10] Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012.
[11] Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada. 1993.
[12] Arikunto, S. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
[13] Riduwan. Metode dan tekhnik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta. Atmaja. 2006.
[14] Yeti Mulyati. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas.Terbuka. 2007
[15] Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika. 2008.