HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PKK TATA BUSANAFAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2423Keywords:
Gaya belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil belajar.Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan gaya belajar dan hubungannya dengan hasil belajar mahasiswa prodi PKK Tata Busana UNP. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling. Besar sample adalah 73 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan pada mahasiswa adalah gaya belajar auditorial. Hasil belajar mahasiswa pada umumnya berada dalam predikat sangat memuaskan. Hasil uji Regresi menunjukkan gaya belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mahasiswa, dimana nilai Sig yang diperoleh lebih besar dari 0.05 yaitu 0.220 > 0.05. Gaya belajar memiliki keeratan hubungan 4.3% dengan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
References
[2] W.S. Winkel. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo, 2004.
[3] Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
[4] Papilaya, Jeanete Ophilia & Neleke Huliselan,.“Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa” Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol.15 , No.1 , pp. 56-63 , 2016.
[5] Deporter & Hernacki. Quantum Learning:Membiasakan Belajar Nyaman. Bandung: PT Mizan, 2001.
[6] Gilakjani. “Visual, Auditory, Kinestetik Learning Style and Their Impact on English Language Teaching” Jurnal of Studies in Education, Vol.2 , No.1, pp. 104-113, 2012.
[7] Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
[8] Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rinekacipta, 2005.
[9] Tulus, Tu’u. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta:Grasindo, 2004.
[10] Gunawan, Adi. Genius Learning Style. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.
[11] Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial:Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
[12] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta., 2017.
[13] Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
[14] Rino. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Jurnal Universitas Negeri Padang, 2008.
[15] Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2010.
[16] Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[17] Hari, Rizki. “Hubungan Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Keluarga dan Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, 2013.
[18] Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
[19] Rohati, Rida. “Hubungan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga konsentrasi Tata Boga Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang” Jurnal. Universitas Negeri Padang, 2014.
[20] Zahri & A.Muri Yusuf. “Hubungan Gaya belajar dan Keterampilan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa” Jurnal Psikologi Universitas Negeri Padang , 2016.
[21] Kurnia, Oldhy. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Partisipasi Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Jurnal Universitas Negeri Padang., 2012.
[22] Oktarina, Cahyani. “Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner”. Jurnal Universitas Negeri Padang, 2010.