PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v3i1.523Keywords:
Konsep diri, Pembelajaran konstruktivisme, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar dampak pembelajaran konstruktivisme menggunakan Modul dapat meningkatkan konsep diri dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di kelas X Otomasi Industri SMKN 1 Batam. Data tentang konsep diri dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil belajar Fisika menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dan temuan menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan konsep diri, dan (2) hasil belajar setelah penerapan pembelajaran Konstruktivisme Modul Fisika. Temuan ini menunjukkan bahwa modul Konstruktivisme dapat dikembangkan lebih luas dalam rangka meningkatkan konsep diri siswa serta hasil belajar.
Downloads
References
[2] S. Amri and I. K. Ahmadi, Konstruktivisme Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2010.
[3] F. Rini, “Konsep Diri Terhadap Prestasi,” http://www.e-psikologi/team.com, 2002. .
[4] Gunawan, “Konsep Diri Berpengaruh Terhadap Diri,” 2005. .
[5] S. Naam, “Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan,” Universitas Sumatera Utara, 2009.
[6] W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[7] S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[8] A. Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
[9] D. Muijs and D. Reynolds, Effective Teaching Teori dan Aplikasi (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.