HUBUNGAN DISIPLIN DAN INTERAKSI SISWA – SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN MEKANIK DAN KESELAMATAN KERJA (PMKK)
DOI:
https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2623Keywords:
disiplin, interaksi siswa-siswa, hasil belajar.Abstract
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam mata pelajaran Pekerjaan Mekanik dan Keselamatan Kerja (PMKK), dimana terdapatnya 39 orang dari 60 orang yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal 7,00. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional dimana suatu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi pada mata pelajaran PMKK. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan angket. Hasil analisa data menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMKK sebesar 0,59 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi siswa-siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMKK sebesar 0,31 dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin dan interaksi siswa-siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMKK sebesar 0,61. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Disiplin dan Interaksi Siswa – Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PMKK.
Downloads
References
[2] Arikunto. (Edisi Revisi IV). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
[3] Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2010.
[4] Santoso, Buku Latihan SPSS dan Statistika Multivariat, Jakarta. Elex Media Komputindo, 2001.
[5] Sulistyowati. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan: Cinta Ilmu Pekalongan, 2001.
[6] Roestiyah, N.K. Masalah Pengajaran. Jakarta;PT Rineka Cipta, 2001.