PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KUE DI JURUSAN IKK FPP UNP

  • Wiwik Indrayeni
  • Ezi Angraini Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang
  • Wirnelis Syarif Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang
  • Asmar Yulastri Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang
  • Anni Faridah Fakultas Perhotelan dan Pariwisata, Universitas Negeri Padang

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar dan kreatifitas mahasiswa Jurusan IKK yang mengambil mata Kuliah Menghias Kue masih rendah, diperkirakan rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh keterbatasan sumber belajar atau media pembelajaran yang ada, masih terdapatnya kekurangan pada media pembelajaran yang ada. Oleh karena itu, dirancang dan dibuatlah sebuah media pembelajaran berupa modul pembelajaran untuk mata Kuliah Menghias Kue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran agar layak digunakan di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D (4D). Prosedur pengembangan Four-D (4D) yaitu Define (pembatasan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran . Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah modul pembelajaran Menghias Kue yang valid dan praktis bagi mahasiswa Jurusan IKK FPP UNP. 

References

[1] N. Jalinus, “Pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan dan hubungan dunia kerja,” J. Pendidik. vokasi, vol. 1, no. 1, pp. 25–34, 2011.
[2] A. Yulastri, H. Hidayat, Ganefri, S. Islami, and F.Edya, “Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education,” Int. J. Environ. Sci. Educ., vol. 12, no. 5, pp. 1097–1109, 2017.
[3] N. Putra, Research And Development Penelitian Dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
[4] Trianto, Mendesain Model Pembelajaran InovetifProgresif: Konsep Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Kencana Prenada Media Group, 2009.
[5] A. Syaifuddin, Realibilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
Published
2018-11-30
How to Cite
Indrayeni, W., Angraini, E., Syarif, W., Yulastri, A., & Faridah, A. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS KUE DI JURUSAN IKK FPP UNP. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(4), 149-153. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2523
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.