PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 LAHAT

  • Aris Puja Widikda
  • Kasman Rukun Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Wakhinuddin Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif di jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan penelitian ini juga menggunakan model pengembangan 4D (four-D), yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dessiminate (penyebaran). Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif untuk menentukan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif. Media pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan Lectora Inspire. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan valid pada validasi ahli materi dengan nilai 0,95 dan pada validasi ahli media dinyatakan valid dengan nilai 0,93, (2) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 96,11 dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,54, (3) Efektivitas media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana rata-rata pretest 61,46% menjadi rata-rata postest 81,37%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran.

References

[1] D. Pernanda, M. A. Zaus, R. E. Wulansari, and S. Islami, “Effectiveness of instructional media based on interactive cd learning on basic network at vocational high school : improving student cognitive ability,” Int. Conf. Educ. Soc. Sci. Technol., no. January, pp. 440–444, 2018.
[2] M. A. Zaus, R. E. Wulansari, S. Islami, and D. Pernanda, “Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[3] Z. A. Putra, Arwizet, B. Rahim, and R. A. Nabawi, “The Practicality of Learning Module Based on Education Course,” vol. 201, no. Aptekindo, pp. 48–52, 2018.
[4] R. Lapisa, I. Y. Basri, A. Arif, and H. D. Saputra, “PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PELATIHAN AUTO CAD,” vol. 17, no. 2, 2017.
[5] M. A. Zaus, “Suatu Kajian Literatur Masalah- Masalah yang Dihadapi dalam Mata Kuliah jaringan Komputer,” vol. 18, no. 1, pp. 1–8, 2018.
[6] N. Jalinus, Syahril, and R. A. Nabawi, “Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning ( CPjBL ) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students,” no. 1, pp. 83–86, 2018.
[7] R. E. Wulansari, D. Puyada, I. Wijaya, and K. Rukun, “EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL MEDIA BASED GAME ON MATHEMATICS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL,” Int. J. Res. Sci. Manag., vol. 4, no. 12,pp. 125–128, 2017.
[8] S. Sukardi, D. Puyada, R. E. Wulansari, and D. T.P. Yanto, “The validity of interactive instructional media on electrical circuits at vocational high school and technology,” in the 2nd INCOTEPD, 2017, vol. 2017, no. October, pp. 21–22.
[9] Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
[10] Deno Puyada. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik di Kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Lubuk Basung. Tesis Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
[11] Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
[12] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
[13] Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
[14] I Gede Martha Adi Pariartha. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 Di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Program Magister Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
[15] Yulastri, A., Hidayat, H., Ganefri, Islami, S. & Edya, F. (2017). Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based Learning Approach in Vocational Education. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1097-1109.
Published
2018-08-30
How to Cite
Widikda, A., Rukun, K., & Wakhinuddin, W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 LAHAT. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 91-99. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.1823
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.