KONTRIBUSI BAKAT MEKANIK DAN PERSEPSI TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) kontribusi bakat mekanik terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto, (2) kontribusi kinerja guru dilihat dari persepsi siswa terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto, (3) kontribusi bakat mekanik siswa dan kinerja guru dilihat dari persepsi siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sebanyak 74 orang dengan Populasi seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto tahun ajaran 2011/2012. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kerpercayaan 95%. Ditemukan bahwa bakat mekanik, kinerja guru, dan bakat mekanik bersama-sama kinerja guru, berkontribusi berturut-turut sebesar17,90%, 22,60% dan 27,10% terhadap prestasi belajar siswa Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto.
References
Morgan, Intoduction to Psychology. Toronto: Mc Graw-Hill, 1986.
Depdiknas, Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Depdiknas, 2004.
M. Donald, “The structure of teaching effectiveness,” Encycl. Educ. Res., vol. 4, 1982.
S. Nasution, Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008