SISTEM INFORMASI LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOSGORO 2 PAYAKUMBUH MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

  • Elmawati Elmawati

Abstract

Perkembangan komputer yang semakin kompleks dapat mendorong setiap individu atau kelompok untuk menerapkannya dalam setiap aktifitas. Pengelolaan secara manual membutuhkan waktu lebih banyak. Salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kosgoro 2 Payakumbuh, Sekolah ini belum memanfaatkan database sebagai media penyimpanan dari data-datanya. Sehingga proses pencarian data akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan sebuah database, akan memudahkan pencarian data akademik seperti data guru, data penerimaan siswa baru, data sekolah dan data karyawan. Selain itu, pengarsipan data sekolah akan lebih rapi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akademik berbasis web yang dibangun dengan PHP dan MySQL dapat bekerja untuk membantu dalam proses penerimaan siswa baru. Program ini juga membantu dalam proses penyimpanan data-data siswa baru dan juga seluruh profil sekolah.

References

[1] Firdaus, PHP dan MySQL dengan mackromedia Dreamweaver 8 . Jakarta.2007
[2] Ladjamuddin, Bin Al-bahra. Dasar Pemograman Web Dan Desain Sistem Informasi: Yogyakarta.2005
[3] Y. Arbi and E. R. Aidha, “SIMULATION OF MERCURY TRANSPORT FROM GOLD MINING ACTIVITIES IN PELAWAN RIVER ,SAROLANGUN,” 2017, vol. 4, pp. 567–571.
[4] Y. Arbi, R. Siregar, and Tri Padmi Damanhuri,“KAJIAN PENCEMARAN AIR TANAH OLEH LINDI DI SEKITAR AIR DINGIN KOTA PADANG,” SAINS DAN Teknol. STTIND PADANG, vol. 18, no. 1, 2018.
[5] Nugroho, Bunafit. Membuat Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan PHP dan MySQL.Yogyakarta: Gave media. 2004.
[6] Satzinger, Jackson, Burd. Pengertian Analisa dan Perancangan sistem. 2012
[7] Pratama, Antonius N. W. 2010. CodeIgniter: Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP. Jakarta : Media Kita.
[8] Elmawati and S. Angga, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Cafe Living Room Bukittinggi,” J. Sains dan Teknol., vol. 17, no. 2, pp. 1–7, 2017
[9] Elmawati, Nofriadiman, and H. Yulita, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMODELAN LABOR PRAKTIKUM PROSES MANUFAKTUR,” J. Sains dan Teknol., vol. 18, no. 2, 2018.
Published
2018-11-30
How to Cite
Elmawati, E. (2018). SISTEM INFORMASI LAYANAN AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOSGORO 2 PAYAKUMBUH MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(4), 181-185. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.3023
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.