EVALUASI DENGAN DISCREPANCY MODEL PADA PROSES PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK N 2 SIJUNJUNG

Authors

  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Asril Arif Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.823

Keywords:

evaluasi, discrepansy model, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi masalah dalam proses pembelajaran pada sistem starter dan cahrging sytem course di SMK N 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini merupakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif. Mencakup aspek input, proses dan output dalam proses pembelajaran, dan model interaktif data kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KR Light Vehicle Technical Skills Competency. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini menunjukkan bahwa input dalam proses pembelajaran dalam kategori cukup, proses dan output dalam kategori yang baik. Overal merupakan celah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan sistem starter dan sistem pengisian di SMK N 2 Sijunjung dalam kategori baik. Dengan demikian penerapan proses pengajaran mengacu pada standarnya dan memiliki evaluasi yang baik terhadap prestasi belajar berdasarkan penilaian autentik dan standar evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] MPNR, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007.
[2] N. Jalinus and R. A. Nabawi, “Implementation of the PjBL Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 3, pp. 304–311, 2017.

[3] Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
[4] Wakhinuddin S. Evaluasi Program. Padang: UNP.Press, 2009.
[5] M.Chabib Thoha. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Radar Jaya Offset, 1996.
[6] Prasetya Irawan. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.
[7] Creswell John. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approach. Singapore: Asia Pasific Pte. Ltd, 2009.
[8] Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: PT. Alfabeta, 2007.
[9] Suharisimi Arikunto. Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[10] Miles. M.B. and Huberman, A.M. Kualitatif Data Analisis. Terjemahan Tjetjep Rohindi. Jakarta: UI Pers, 1992.

Downloads

Published

2018-02-27

How to Cite

Ambiyar, A., & Arif, A. (2018). EVALUASI DENGAN DISCREPANCY MODEL PADA PROSES PEMBELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM STARTER DAN SISTEM PENGISIAN DI SMK N 2 SIJUNJUNG. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.823