Kontrol Lampu Menggunakan Voice Recognizer Berbasis Android

  • Irwan Yusti Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
  • Asep Neris Bachtiar Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Abstract

Telpon seluler saat ini tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan percakapan dan pengiriman pesan tetapi dapat juga digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mendayagunakan fasilitas pendeteksi suara yang ada pada android untuk mengontrol lampu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terapan untuk menghasilkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengontrol lampu. Perangkat keras berupa rangkaian elektronik berbasis Arduino sedangkan perangkat lunak merupakan aplikasi yang dapat dijalankan pada telpon seluler berbasis android.

Published
2020-01-05
How to Cite
Yusti, I., & Bachtiar, A. (2020). Kontrol Lampu Menggunakan Voice Recognizer Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(4), 140-143. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i4.6623
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.