PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang
  • Nelma Busra Universitas Negeri Padang
Keywords: Konsep diri, Pembelajaran konstruktivisme, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar dampak pembelajaran konstruktivisme menggunakan Modul dapat meningkatkan konsep diri dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di kelas X Otomasi Industri SMKN 1 Batam. Data tentang konsep diri dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil belajar Fisika menggunakan tes. Berdasarkan analisis data dan temuan menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan konsep diri, dan (2) hasil belajar setelah penerapan pembelajaran Konstruktivisme Modul Fisika. Temuan ini menunjukkan bahwa modul Konstruktivisme dapat dikembangkan lebih luas dalam rangka meningkatkan konsep diri siswa serta hasil belajar.

References

[1] N. Jalinus and R. A. Nabawi, “Implementation of the PjBL Model to Enhance Problem Solving Skill and Skill Competency of Community College Student,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 7, no. 3, pp. 304–311, 2017.
[2] S. Amri and I. K. Ahmadi, Konstruktivisme Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2010.
[3] F. Rini, “Konsep Diri Terhadap Prestasi,” http://www.e-psikologi/team.com, 2002. .
[4] Gunawan, “Konsep Diri Berpengaruh Terhadap Diri,” 2005. .
[5] S. Naam, “Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan,” Universitas Sumatera Utara, 2009.
[6] W. Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[7] S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[8] A. Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
[9] D. Muijs and D. Reynolds, Effective Teaching Teori dan Aplikasi (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.
Published
2018-02-27
How to Cite
Syah, N., & Busra, N. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 8-12. https://doi.org/10.24036/jptk.v3i1.523
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.