Perbaikan Sikap Kerja untuk Mengatasi Keluhan Akibat Beban Kerja pada Proses Panas Vulkanisir Ban di PT. Inti Vulkatama

  • Tri Ernita Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
  • Gamindra Jauhari Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
  • Dwiki Mahendra Yeza Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Abstract

— PT. Inti Vulkatama adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang vulkanisir ban. Vulkanisir ban adalah salah satu proses daur ulang ban yang sudah gundul melalui beberapa proses dan tahapan seperti inspeksi/pemeriksaan, pemarutan (buffing), knifing, repair, cementing, building, envelope (pada proses dingin), rim dan flange (pemasangan velg), curring (memasukan ban dalam masing-masing cetakan, baik proses panas maupun dingin) dan pemeriksaan akhir. Penilaian berpedoman kepada aspek pekerjaan yang menjadi penilaian sebagai parameter risiko ergonomi berdasarkan tekanan beban yang digunakan, postur tubuh, jenis pergerakan atau aksi, pengulangan posisi tangan saat bersentuhan dengan objek. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data bagian tubuh yang lebih berisiko terjadinya musculoskeleteal dan risiko cidera yang dominan terjadi pada pekerja dalam melakukan pekerjaan yang sama dengan menggunakan metode QEC (Quick Expossure Checklist). Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan lembar exposure score maka bagian tubuh yang mengalami risiko terjadinya musculoskeleteal adalah bagian punggung dan bagian leher. Dalam melakukan pekerjaan, resiko cedera yang dominan terjadi pada dua orang pekerja atau lebih adalah pada action level 4. Yang artinya semua pekerja akan mengalami resiko cedera tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan sikap kerja yang di lakukan berulang dan beban kerja yang berat yang di emban oleh pekerja PT. Inti Vulkatama. Karena semakin lama resiko cidera akan semakin tinggi terhadap pekerja.

 

Published
2019-12-28
How to Cite
Ernita, T., Jauhari, G., & Yeza, D. (2019). Perbaikan Sikap Kerja untuk Mengatasi Keluhan Akibat Beban Kerja pada Proses Panas Vulkanisir Ban di PT. Inti Vulkatama. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(4), 134-139. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i4.6523
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.